Resep Roti Semir Jadul, Enak, dan Lembut

Berbagi itu Indah!
  • 10
    Shares
Resep roti semir jadul dan lembut

Roti semir jadul enak dan lembut, suka sekali dengan rasa dan aroma roti ini. Roti semir jadul ini bentuknya bulat seperti roti burger kemudian dibelah 2 dan bagian tengahnya disemir dengan krim moka yang harum sekali.

Nah di artikel kali ini saya mau membuat roti semir enak, lembut, tanpa mixer, dan dipanggang dengan oven tangkring.

Sering sekali ya mendapatkan pertanyaan dari sahabat Lin’s Cakes channel bagaimana cara memanggang roti dengan oven tangkring.

Nah baiklah hari ini saya akan share bagaimana cara memanggang roti semir enak lembut yang benar dengan oven tangkring hingga matang dan berwarna golden brown. Ternyata memanggang roti dengan oven tangkring hingga berwarna golden brown itu bisa banget ya mom asalkan kita tahu caranya. Asalkan tahu tips dan triknya maka roti bisa berwarna golden brown meskipun hanya dipanggang dengan oven tangkring.

Nah pengen tahu kan gimana caranya. Yuk, simak resep dan cara membuatnya berikut ini!

Lihat juga yuk Resep Banh Tieu: Roti Bantal Kopong dari Vietnam!

Resep Roti Semir Lembut

Bahan roti:

  • 300 gr terigu protein tinggi
  • 50 gr gula pasir
  • 1 butir telur utuh
  • 150 ml air suhu ruang
  • 1/2 sdm ragi (-+6 gr)
  • 3 sdm air hangat,
  • 1 sdm munjung margarin
  • 1/4 sdt garam

Tips: Susu cair secukupnya untuk dioles ke roti sebelum dipanggang supaya permukaan roti tidak kering selama dipanggang. Siapkan juga margarin secukupnya untuk disemir ke atas permukaan roti setelah roti dipanggang.

Bahan buttercream sederhana: 60 gr margarin dan 1 sachet kental

Topping: buttercream mocha, coklat meses, dan keju, juga bisa kreasi sesuai selera sendiri ya.

Resep roti semir oven tangkring

Cara Membuat Roti Semir

1) Step pertama kita campur telur dengan air. Kocok lepas.

2) Kita buat roti dengan metode autolysis ya mom. Terigunya sudah saya saring tadi. Masukkan terigu ke dalam mangkok, tambahkan gula pasir masukkan bahan cair yang terdiri dari air dan telur. Sekarang saya mau ulen dengan tangan ya. Ulen adonan hingga tercampur rata dan kalis.

3) Sekarang istirahatkan adonan selama 3 jam. Cara ini namanya metode autolisis ya mom. Dengan metode autolisis ini kita campur terigu dengan bahan cair tanpa ragi. Selanjutnya kita istirahatkan adonan selama 1-6 jam sampai adonan terbentuk gluten. Dengan metode autolisis ini kita bisa mendapatkan adonan kalis dan elastis tanpa diulen lama sehingga roti yang dihasilkan bisa lebih lembut dan tidak cepat keras dan padat. Tutup adonan dengan serbet bersih dan lembab

4) Nah setelah diistirahatkan kurang lebih 3 jam saja ya ini mom karena saya lihat tekstur adonan sudah elastis.

5) Kita cek tekstur adonan ya mom. Nah… adonan bisa ditarik seperti karet elastis ditarik tidak cepat robek ya. Ini tandanya adonan sudah elastis sudah siap diolah lebih lanjut. Nah adonannya lembut, bisa ditarik hingga 17transparan dan tidak mudah robek

6) Selanjutnya cairkan ragi dengan air hangat. Aduk hingga tercampur rata.

7) Kemudian masukkan ragi ke dalam adonan. Kita ulen dulu adonan hingga tercampur rata.

8) Selanjutnya masukkan margarin dan garam. Kita ulen lagi hingga adonan tercampur rata dan kalis.

9) Sekarang istirahatkan adonan selama 30 menit tutup atasnya dengan serbet bersih dan lembab supaya permukaan adonan tidak kering.

10) Sambil menunggu adonan mengembang ya mom kita buat butter cream. Masukkan margarin ke dalam mangkok bersih dan kering. Tambahkan kental manis. Aduk adonan butter cream dengan spatula/sendok kayu hingga lembut. Buat yang punya mixer silahkan menggunakan mixer ya mom.

11) Nah setelah adonan butter cream lembut tambahkan pasta mocha secukupnya. Aduk lagi hingga tercampur rata.

12) Setelah adonan diistirahatkan selama 30 menit adonan terlihat sudah mengembang 2x lipat ya mom. Kita cek adonan ya mom. Apabila adonan ditarik melebar hingga transparan dan tidak mudah robek artinya adonan sudah kalis dan elastis.

13) Siapkan loyang oles dengan margarin supaya roti tidak lengket.

14) Taburi meja kerja dengan terigu. Keluarkan adonan dari mangkuk. Selanjutnya timbang adonan seberat @ 50 gr

15) Step berikutnya ya mom setelah ditimbang kita kempiskan adonan kemudian bulatkan adonan

16) Susun adonan di dalam loyang beri jarak ya mom. Kemudian kita istirahatkan lagi adonan selama 30 menit atau sampai mengembang 2x lipat. Tutup atasnya dengan serbet bersih dan lembab.

17) Nah menjelang mau dipanggang kita panaskan dulu oven tangkring dengan api besar. Tips dan triknya kali ini masukkan loyang yang berisi air ke dalam oven. Letakkan di dasar oven.

18) Loyang yang berisi air ini dimasukkan ke dalam oven tujuannya adalah agar supaya suhu dalam oven stabil tidak terlalu panas dan agar bagian bawah roti tidak cepat gosong. Kita nyalakan api besar ya mom.

19) Nah setelah diistirahatkan selama 30 menit adonan roti terlihat mengembang 2x lipat dan siap dipanggang.

20) Sebelum dipanggang kita oles dulu bagian atas roti dengan susu cair supaya bagian atas roti tidak kering ketika di panggang

21) Sekarang masukkan roti ke dalam oven. Panggang dengan api besar ya mom hingga bagian atas roti berwarna golden brown selama kurleb 15 menit.

22) Nah ini ya mom bagian atas roti sudah mulai terlihat golden brown sekarang boleh kecilkan api kompor. Kita tunggu sebentar lagi hingga tercium wangi aroma roti baru diangkat.

23) Kecilkan api kompor karena bagian atas roti sudah berwarna golden brown. Kita tunggu hingga roti matang sempurna.

24) Nah setelah dipanggang kurleb selama 15 menit kita angkat roti dan keluarkan dari oven. Nah warnanya cakep banget ya mom.

cara membuat roti semir jadul, resep roti semir autolisis

25) Sekarang selagi roti masih panas kita oles bagian atas roti dengan margarin supaya bagian atas roti lembut dan tidak keras.

26) Step berikutnya belah 2 roti jangan sampai putus. Semir roti dengan butter cream mocha kemudian isi dengan keju parut yang banyak.

resep roti semir mocha, resep roti semir cream

27) Nah apabila mau dijual bisa kita kemas dalam plastik roti seperti ini.

resep roti semir jadul

28) Sekarang roti semir jadul siap disajikan. Saya coba dulu ya mom daribtadi sudah ngiler ngelihatinnya. Rasanya enak ada wangi mochanya. Jadul banget ya mom.

Tekstur roti lembut kempus-kempus. Apabila membuat roti tanpa mixer saya paling suka menggunakan metode autolisis karena roti tetap empuk meskipun sudah dingin. Kita belah 2 ya… nih mom seratnya bagus sekali kelihatan lembut ya mom. Sekian ya untuk artikel ini. Semoga berhasil dan resepnya bisa bermanfaat.

Happy baking and have a great day!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *