Resep Pempek Palembang Enak dan Lembut

Berbagi itu Indah!
  • 1.3K
    Shares
resep pempek Palembang asli lembut

Pempek Palembang lembut dan tidak keras pasti sudah banyak yang tahu dong ya. Pempek Palembang asli ini banyak yang suka dan menjadi oleh-oleh favorit apabila berkunjung ke Palembang.

Lihat juga jajanan khas Indonesia ini: resep kue lapis kanji kenyal dan lentur

Pempek Palembang asli ciri khasnya tekstur pempeknya lembut dan tidak alot. Nah bagaimana cara membuat pempek yang lembut dan tidak alot ada tekniknya ya mommies. Baca terus ya sampai selesai nanti saya bocorkan rahasia cara ulen pempek agar lembut dan tidak alot.

Di artikel kali ini saya akan membuat pempek dari bahan ikan tenggiri. Nah ikan yang umum dipakai untuk membuat pempek di Palembang sini adalah ikan tenggiri atau ikan gabus.

Harga pempek pun bervariasi tergantung jenis ikan yang dipakai. Biasanya kalau dari ikan tenggiri harga pempek bisa menjadi lebih tinggi. Biasanya untuk pempek kapal selam besar dan lenjer besar kisaran harga Rp.20.000,- sampai Rp.25.000,- .

Apabila pempek dari bahan ikan gabus harganya bisa lebih murah sedikit. Dan ada juga pempek dari ikan belida harga pempek dari ikan belida ini bisa lebih tinggi dari pempek berbahan dasar ikan tenggiri akan tetapi di jaman sekarang ini ikan belida sudah jarang sekali ketersediaannya.

Pempek Palembang asli ini menjadi favorit banyak orang apalagi di Palembang sini ya setiap hari disajikan pempek pun tidak akan menolak ya mommies hhihihi.

resep pempek ikan tenggiri khas Palembang

Pempek Palembang disajikan dengan cuko yang manis dan pedas. Enak sedap sekali.

Nah sudah ngiler belum mommies hihihi😆. Kalau sudah ngiler yuk buat sendiri yuk ini ni resepnya saya kasih… dipraktekkan ya moms.

Lihat juga: Resep Cakwe Tanpa Ragi Mengembang dan Berongga

Bahan Pempek Palembang

  • 500 gr daging ikan tenggiri yang sudah dihaluskan (chopper sampai halus)
  • 500 gr air suhu ruang (=500 cc)
  • 20 gr garam
  • 1 sdt kaldu jamur bubuk (bisa ganti penyedap rasa)
  • 600 gr tepung tapioka

Cara Membuat

1) Masak air agak banyak untuk merebus pempek. Masak air sampai mendidih.

2) Campur daging ikan dengan air. Masukkan air secara bertahap. Aduk dulu sampai tercampur rata.

3) Setelah semua air masuk dan tercampur rata. Tambahkan garam dan kaldu jamur bubuk. Aduk lagi hingga tercampur rata. Biasanya ya setelah garam dan kaldu jamur dimasukkan adonan akan mengental. Aduk terus hingga tercampur rata.

4) Masukkan tepung tapioka secara bertahap ya.

5) Nah ini ya moms rahasia pempek lembut, tidak keras dan tidak alot. Ulen adonan pempek dengan cara hanya dibalik-balik saja sampai tepung tapioka tercampur rata. Tidak boleh diulen dengan kuat dan keras ya mommies karena inilah yang membuat pempek akan jadi keras dan alot. Masukkan tepung tapiokanya secara bertahap ya. Adonan akan terasa lengket dan agak lembek ya. Lumuri tangan dengan tepung tapioka. Jangan tergoda untuk menambahkan tepung ya moms.

6) Selanjutnya timbang adonan untuk pempek kapal selam kecil timbang seberat @20 gr, lenjer kecil ditimbang seberat @ 30 gr dan untuk pempek kapal selam besar dan lenjer besar masing-masing ditimbang seberat @ 100 gr.

cara membuat empek-empek yang lembut

7) Siapkan 2 btr telur utuh tambahkan sedikit garam kocok hingga rata (untuk isian pempek kapal selam kecil)

8) Ambil adonan pempek kapal selam kecil, bentuk lonjong kemudian lubangi bagian tengahnya dengan jari jempol. Kemudian dibentuk seperti mangkok isi dengan kocokan telur. Tutup atasnya dengan rapat dan masukkan ke dalam air rebusan pempek. Begitu seterusnya sampai kocokan telur habis. Untuk adonan pempek kapal selam apabila terlalu lembut susah dibentuk boleh tambahkan sedikit tepung tapioka ya moms. Apabila adonan lengket tangannya balur dengan tepung tapioka ya mommies.

9) Untuk pempek lenjer mudah sekali ya tinggal digulung di atas talenan bentuk lonjong. Masukkan ke dalam air rebusan pempek. Masak sampai pempek mengapung.

10) Tambahkan minyak sayur ke dalam air rebusan pempek supaya pempek tidak lengket satu dengan yang lain dan tampilannya jadi lebih mengkilap.

11) Rebus pempek sampai mengapung dan besar. Apabila pempek sudah terapung artinya pempek sudah matang. Boleh tunggu dulu sebentar tutup dulu pancinya supaya pempek matang sempurna.

12) Angkat pempek tiriskan di atas serbet bersih dan kering.

13) Cara menggoreng pempek: panaskan minyak sampai benar-benar panas baru masukkan pempek. Goreng pempek sampai matang.

14) Sajikan pempek dengan cuko pempek.

Cara membuat adonan pempek agar tidak keras

Nah seperti itu ya cara membuat pempek Palembang asli lembut, tidak keras dan tidak alot. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menjadi salah satu referensi buat yang sedang mencari resep pempek Palembang asli. Happy cooking and have a nice day😘.

4 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *