Resep Nastar Enak, Lembut, dan Lumer di Mulut

Berbagi itu Indah!
Resep nastar yang enak dan lumer di mulut

Sebentar lagi udah mau lebaran ya mommies pastinya sudah mulai mencari resep kue kering. Hari ini saya mau membuat kue nastar enak lembut dan lumer di mulut. Kue nastar ini paling banyak dicari dan disajikan pada saat lebaran, natal maupun imlek.

Proses membuat kue nastar yang enak lembut dan lumer di mulut ini lumayan lama. Dimulai dari membuat selai nanas. Selai nanas sendiri proses membuatnya cukup lama dan memakan banyak waktu. Selai nanas harus dimasak sampai kering dan tidak berair agar kue nastar tidak lembab dan tidak cepat rusak.

Proses memasak selai sampai kering ini cukup lama karena prosesnya dimulai dari memarut nanas atau membuat juice nanas. Dari juice nanas yang cair ini dimasak sampai kering. Biasanya bisa sampai 1 atau 4 jam tergantung banyak sedikitnya nanas. Jadi tangan lumayan pegal ya moms siap-siap ntar malam ditempel koyok. Tapi hitung-hitung olah raga tangan supaya lengan jadi langsing hahaha😀.

Itulah sebabnya mengapa harga kue nastar yang enak lembut dan lumer ini mahal karena proses membuatnya yang rumit dan lama. Kue nastar harus ditimbang satu per satu agar kue nastar sama besar dan bisa matang bersamaan.

Belum selesai ya mommies habis itu kue nastar harus diisi dengan selai nanas dan dibulatkan sampai licin baru dipanggang. Jadi proses membuat kue nastar ini memang lama. Tapi makannya cepat ya mommies tinggal hap hap hap saja 😀.

Nah mengingat harga kue nastar ini mahal jadi worth it ya mommies kalau kita membuat sendiri karena dengan membuat sendiri pasti jauh lebih hemat. Apabila tertarik untuk membuat sendiri cuss intip resepnya di bawah ini.

Mau tau variasi nastar lainnya? Yuk cek resep nastar gulung berikut!

Resep kue nastar lembut lumer di mulut

Resep Nastar Enak Lembut dan Lumer

Bahan Nastar

  • 150 gr margarin (bisa mix butter dengan perbandingan 50:50 atau 30:70)
  • 3 sdm gula halus
  • 1/2 sdt vanili
  • 1 kuning telur
  • 2 sdm susu bubuk
  • 3 sdm maizena
  • 200 gr terigu protein rendah

Bahan olesan

  • 2 kuning telur
  • 1 sdm susu cair/ kental manis
  • 1 sdm minyak sayur

Cara Membuat

1) Campur jadi satu margarin dengan gula halus sambil disaring ya. Tambahkan vanili bubuk. Kocok atau mixer sampai lembut selama 2 menit.

2) Masukkan kuning telur mixer asal rata saja (tidak perlu lama)

3) Masukkan susu bubuk dan maizena. Aduk dengan spatula sampai tercampur rata.

4) Ambil sebagian adonan margarin letakkan di wadah lain kemudian tambahkan dengan sebagian terigu. Aduk dengan spatula sampai adonan tercampur rata dan tidak lengket di tangan tapi masih lembut. Ciri adonan kulit nastar yang bagus adalah tidak lengket di tangan tapi masih lembut ketika membungkus selai tidak retak-retak. Cara ini dipakai supaya adonan tidak mengeras terkena angin karena waktu mengisi dan membulatkan nastar cukup lama.

cara membuat nastar enak dan lembut

5) Timbang kulit nastar seberat @ 8 gr atau bisa juga ditakar dengan sendok takar. Ambil ¼ sdt adonan kulit tambahkan dengan 1 sdt adonan kalau ditimbang maka beratnya kurang lebih 8 gr.

6) Untuk selainya kita timbang juga masing-masing seberat @ 5 gr kemudian dibulatkan.. Bisa ditakar dengan sendok takar. Ambil ¼ sdtt dan ½ sdt selai nanas kalau ditimbang beratnya kurang lebih sama dengan 5 gr selai nanas.

7) Siapkan loyang alas dengan kertas roti tidak perlu disemir dengan margarin.

8) Caranya ambil 1 bulatan kulit nastar kemudian bentuk seperti mangkok lalu isi dengan selai nanas, tutup rapat kemudian bulatkan sampai licin. Susun rapi di loyang.

9) Panaskan oven suhu 130° Celsius api bawah. Kalau ada api atas bisa nyalakan api atas dan bawah sekaligus.

10) Panggang nastar tanpa dioles dengan kuning telur. Panggang selama kurang lebih 25 menit.

11) Setelah 25 menit angkat dan keluarkan dari oven.

12) Diamkan nastar sampai suhu ruang.

13) Siapkan bahan olesan. Campur kuning telur, susu cair/kental manis dan minyak goreng. Aduk sampai tercampur rata dan menyatu.

14) Setelah nastar dingin suhu ruang baru dipoles dengan bahan olesan. Poles nastar dengan rapi. Apabila ada lebih bahan olesan bisa diulang sekali lagi.

15) Panaskan lagi oven suhu 150°-160 ° Cels api bawah. Letakkan loyang kosong di bagian paling bawah oven spy bgn bawah kue nastar tidak gosong. Apabila ovennya ada api atas dan bawah nyalakan keduanya set suhu 140°Cels.

16) Panggang nastar selama 15 menit sampai matang dan bagian atas kering dan berwarna golden brown (sesuaikan dengan oven masing-masing)

17) Angkat nastar dan diamkan dulu sampai suhu ruang baru disusun ke dalam toples.

18) Kue nastar siap disajikan.

cara membuat nastar yang lembut, enak, dan lumer di mulut

Cek juga yuk kue kering lebaran lainnya: Resep Kue Lidah Kucing Renyah Tanpa oven

Nah lumayan panjang ya proses membuat nastar ini. Itulah sebabnya mengapa harga kue nastar lumayan mahal. Apabila membuat sendiri kita bisa hemat banyak dan bahkan kalau banyak yang suka dengan nastar yang kita buat kita bisa open order ya moms hahaha 😀. Okee, selamat mencoba dan semoga bisa bermanfaat.

Happy baking and have a nice day!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *