Resep Lontong Daun Pisang Hemat Gas

Berbagi itu Indah!
  • 116
    Shares
Resep lontong daun pisang hemat gas

Resep lontong daun pisang hemat gas. Biasanya merebus lontong memerlukan waktu yang lama sekali. Nah di artikel kali ini saya mau share cara membuat lontong hemat gas. Biasanya membuat lontong menghabiskan banyak waktu karena lontong direbus selama 4-5 jam.

Tapi kali ini saya mau berbagi resep dan tips memasak lontong daun pisang hemat gas dan cepat. Kita hanya perlu merebus lontong selama 12 menit saja hasilnya lontong padat dan bagus.

Masih setia dengan resep lontong yang sudah pernah saya share. Sudah banyak yang recook dan suka dgn resep ini.

Penasaran kan mom pengen tau caranya? Yuk, mari kita intip resep dan cara membuatnya!

Di cek juga ya resep lontong daun hijau yang ini!

Bahan Lontong Daun Pisang

Resep lontong daun pisang:
600 gr beras pulen
750 cc air
1 sdt garam
3 lmbr daun pandan
Secukupnya daun pisang
5 lmbr daun pandan (untuk merebus lontong)

Cara Membuat

1) Siapkan daun pisang cuci bersih lalu layurkan dibatas api kompor atau jemur di bawah terik matahari hingga layu bisa juga direbus sebentar hingga daun layu.

2) Masukkan beras ke dalam rice cooker. Tambahkan air dan garam. Aduk dulu hingga rata. Kemudian tambahkan daun pandan. Masak selama 20 menit hingga mendidih.

3) Setelah dimasak selama 20 mnt. Kita aduk hingga menjadi nasi aron. Nah proses memasak nasi aron ini tidak harus menggunakan rice cooker ya mom bisa juga kita aron nasi dengan panci atau menggunakan kuali.

4) Masak hingga menjadi nasi aron.

5) Angkat dan diamkan dulu nasi aron sampai uap panas hilang.

6) Nah setelah uap panas hilang dan bisa dipegang tangan sudah tidak panas lagi. Kita cetak nasi aron dalam mangkok supaya nanti besarnya sama.

7) Sekarang kita padatkan nasi aron dengan cara dikepal-kepal dan kemudian dibentuk lonjong seperti pempek lenjer.

8) Siapkan 2 lembar daun pisang. Letakkan nasi aron yang sudah kita bentuk lonjong di atas daun pisang kemudian gulung. Semat ujungnya dengan tusuk gigi.

9) Setelah semua selesai dibungkus kita rebus air sampai mendidih.

10) Setelah air mendidih masukkan lontong. Kita masak lontong dengan cara fah ummi yasmin dengan metode 5:30:7. Tahap memasukkan lontong ini belum dihitung 5 menit ya mom karena setelah lontong masuk biasanya air menjadi kurang mendidih.

11) Nah rebusan mulai dihitung pada saat air mendidih ya mom. Jadi sekarang nyalakan timer rebus lontong selama 5 mnt.

12) Setelah lontong dimasak selama 5 menit. Matikan api kompor dan kita rendam lontong dalam rebusan air selama 30 menit dalam keadaan panci tertutup rapat .

13) Nah setelah tadi didiamkan selama 30 menit sekarang kita rebus lagi selama 7 menit. Hitungan dimulai pada saat airnya sudah mendidih ya mom.

14) Setelah direbus selama 7 menit matikan api kompor. Dan biarkan dulu lontong direndam dalam air rebusan selama 30 menit.

15) Nah sekarang setelah kita diamkan lontong selama 30 menit kita angkat lontong. Tiriskan dulu ya mom.

16) Diamkan dulu lontong sampai dingin dan set ya baru nanti bisa dipotong-potong.

17) Setelah lontong dingin dan set suhu ruang kita potong ya. Nah ini ya mom tekstur lontongnya padat berhasil jadi meskipun hanya direbus selama 12 menit lontong yang dihasilkan bisa padat dan bagus.

Jadi dengan metode memasak rebus 5 menit, rendam selama 30 menit dan rebus lagi 7 menit dan rendam lagi selama 30 menit ini benar-benar bisa menghemat gas ya mom. Selamat mencoba ya!

Happy Cooking and Have a Great Day 😘.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *