Resep Kue Talam Tokyo Sagu Mutiara Enak, Bisa Untuk Jualan

Berbagi itu Indah!
  • 5
    Shares
resep kue talam tokyo sagu mutiara untuk jualan, resep jajanan pasar terbaru

Kue talam tokyo ini unik dan rasanya enak. Cara membuatnya mudah sekali. Belum ada yang jual. Bisa buat ide bakulan kue. Resep talam tokyo ini cukup unik karena kue ini menggunakan sagu mutiara dan soun untuk lapisan bawah.

Lapisan bagian bawah kue rasanya manis tipis karena nanti dipadukan dengan lapisan atas yang manis jadi kue tidak eneg. Ada beberapa resep bahkan lapisan bawah ini tidak manis tapi gurih. Jadi apabila suka yang gurih tinggal skip gulanya ya. Yuk, langsung saja kita lihat resep dan cara membuatnya berikut ini!

Cek juga ya resep ini: Resep Apem Kukus Tepung Terigu Enak dan Empuk

Resep Kue Talam Tokyo Sagu Mutiara

Bahan:

  • 150 gr sagu mutiara
  • 1200 ml air
  • 1 bungkus soun (55 gr)
  • 100 gr kelapa parut
  • 1/2 sdt garam
  • 1/2 sdt pasta vanila
  • 4 sdm gula pasir
  • 125 gr terigu protein sedang
  • 30 gr tepung tapioka
  • 120 gr gula pasir
  • 1/4 sdt garam
  • 575 ml santan sedang
  • 75 ml air ekstrak pandan suji (Kalau tidak ada bisa diganti dengan pasta pandan secukupnya. 75 ml ganti dengan santan)
cara membuat kue talam tokyo sagu mutiara enak untuk jualan

Cara Membuat

1) Step pertama, kita rebus air hingga mendidih lalu masukkan sagu mutiara. Rebus sagu mutiara selama 15 menit.

2) Tutup, rendam, dan diamkan sagu mutiara selama 30 menit. Jangan dibuka-buka ya.

3) Nah ini sagu mutiaranya setelah didiamkan selama 30 menit. Masih ada bintik putihnya tidak apa-apa ya. Ini nanti kita kukus lagi sagu mutiaranya agar sagunya matang dan bening.

4) Selanjutnya saring dulu sagu mutiara. Tiriskan dulu ya.

5) Siapkan soun lalu seduh soun dengan air panas sebentar saja. Kemudian, langsung bilas soun dengan air suhu ruang. Setelah itu, kita gunting- gunting sounnya.

6) Siapkan wadah mangkok yang agak besar lalu masukkan sagu mutiara, soun, kelapa parut, gula pasir, garam dan pasta vanila (vanili bubuk), lalu aduk semua bahan sampai tercampur rata.

7) Siapkan loyang kotak ukuran 20 cm x 20 cm alas dasar loyang dengan daun pisang. Kemudian semir dengan minyak sayur.

8) Sekarang masukkan adonan lapisan sagu mutiara. Kemudian, kita ratakan sambil ditekan-tekan agar padat.

9) Panaskan dulu panci kukusan sebelumnya ya. Kukus lapisan pertama selama 25 menit. Tutup panci kukusan, dibungkus serbet ya agar uap air tidak menetes ke kue.

10) Selanjutnya, angkat kue kemudian kita garis-garis permukaan atas kue dengan spatula agar permukaan menjadi kasar. Ini trik agar lapisan atas merekat erat dengan lapisan bawah.

11) Setelah itu, siapkan mangkok yang agak besar, lalu masukkan terigu protein sedang, tepung tapioka, gula pasir, garam, santan sedang, dan juice pandan suji (ekstrak pandan suji). Sekarang, aduk bahan lapis srikaya hingga tercampur rata.

12) Saring dulu adonan bahan lapis srikaya pandan agar tidak ada tepung yang masih bergerindil.

13) Kemudian, siapkan panci yang lebih besar. Rebus air hingga mendidih, lalu kita masak lapis srikaya dengan metode double boiling. Masak lapis srikaya sampai bagian bawahnya membungkal dan adonan agak sedikit kental.

14) Nah, jika bagian bawah lapis srikaya ini sudah ada yang membungkal dan agak kental, kita angkat ya.

15) Sekarang, langsung saja masukkan lapisan srikaya di atas lapisan sagu mutiara tadi. Masukkan pelan-pelan ya, gunakan sendok sayur untuk menahan adonan lapis srikaya.

16) Panaskan panci kukusan. Kukus kue talam tokyo selama 25 menit atau hingga matang dengan api sedang lalu angkat kue talam.

17) Diamkan dulu kue talam tokyo ini hingga dingin, padat, dan set dulu ya karena kalau masih panas kue talamnya masih lembut sekali.

18) Kue talam Tokyo sagu mutiara sudah siap disajikan, enjoy!

Cobain yuk kuennya. Rasa kue talam Tokyo ini enak, manis, gurih, dan juga kenyal-kenyal karena ada sagu mutiaranya ya. Seperti itu ya cara membuat kue talam Tokyo ini. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Happy baking and have a very nice day!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *