Resep Kue Mangkok Gula Merah Mekar

Berbagi itu Indah!
  • 3
    Shares
resep kue mangkok gula merah

Resep kue mangkok gula merah mekar atau kue apem gula merah ini resep andalan ya mommies karena sudah bikin berkali-kali dan hasilnya selalu memuaskan. Kue mangkok gula merah mekar termasuk dalam jajaran kue jajan pasar yang disukai dan kue yang selalu laris manis karena memang rasanya enak dan tekstur kue apem yang empuk.

Nah di artikel kali ini saya mau membuat kue mangkok gula merah mekar dan anti gagal. Cara membuatnya mudah sekali dan irit bahan.

Teksturnya lembut, empuk, dan wangi. Rasanya sudah pasti enak sama seperti yang dijual. Kue mangkok gula merah ini paling enak dimakan dengan kelapa parut yang sudah dikukus ya moms. Nah, yuk langsung saja kita lihat resep dan cara membuatnya.

Sebelumnya, cek juga ya Resep Bolu Cornetto: Tanpa Cetakan Kue, Enak, dan Lembut

Resep Kue Mangkok Gula Merah

  • 200 gr tepung beras
  • 50 gr tepung terigu protein sedang
  • 150 gr tape singkong
  • 1 sdt Baking powder
  • 150 gr gula merah
  • 1 sdm gula pasir
  • 1/4 sdt garam
  • 3 lmbr daun pandan
  • 350 ml santan (dari 1 sachet santan instan @65 gr + air)

Bahan Biang:

  • 1 sdt terigu protein sedang
  • 1 sdt gula pasir
  • 1 sdt ragi instan (fermipan)
  • 3 sdm air hangat (dari dispenser)

Bahan kelapa parut kukus:

  • 1/2 btr kelapa setengah tua, parut kasar.
  • 1/2 sdt garam
  • 3 lmbr daun pandan
cara membuat kue mangkok gula merah mekar, cara membuat kue gula merah tepung beras

Cara Membuat

1) Pertama kita buat dulu bahan biang. Masukkan terigu, gula pasir ragi instan. Kemudian masukkan air hangat. Diaduk hingga tercampur rata. Kemudian istirahatkan bahan biang selama 15 menit. Kita tutup bahan biang supaya tidak kering.

2) Sekarang campur kelapa parut dengan garam. Tambahkan daun pandan. Diaduk ya supaya garamnya tercampur rata.

3) Selanjutnya kukus kelapa parut selama 15 menit. Setelah dikukus selama 15 menit kita angkat kelapa parut.

4) Step berikutnya cairkan gula merah. Masukkan gula merah ke dalam panci tambahkan gula pasir dan garam. Masukkan juga daun pandan dan santan. Masak hingga mendidih dan gula merah larut.

5) Setelah mendidih dan gula merah larut kita angkat. Tunggu sebentar hingga uap panasnya hilang dulu.

6) Sekarang dalam mangkok atau wadah bersih dan kosong kita campur tepung beras dengan tepung terigu. Masukkan tape singkong yang sudah dihaluskan. Diaduk dulu ya.

7) Selanjutnya masukkan gula merah dan santan. Masih agak panas ya moms. Kita tuang sebagian dulu. Kemudian diaduk dulu hingga tercampur rata. Tuang sisa santan. Aduk adonan hingga tercampur rata dan licin

8) Nah bahan biang setelah diistirahatkan selama 15 menit. Mengembang dan banyak busanya artinya ragi masih aktif.

9) Sekarang kita masukkan bahan biang ke dalam adonan tepung beras. Kita aduk adonan hingga tercampur rata. Selanjutnya saring dulu adonan supaya licin tidak ada serat tape singkong.

10) Nah setelah disaring sekarang keplok-keplok adonan menggunakan whisker selama 10 menit atau keplok-keplok dengan tangan juga bisa ya moms.

11) Setelah dikeplok-keplok selama 10 menit. Istirahatkan adonan selama 1 jam. Tutup adonan dengan serbet lembab supaya adonan tidak kering.

12) Adonan setelah diistirahatkan selama 1 jam akan mengembang naik lebih tinggi dari sebelumnya. Sebelum diaduk kita tambahkan baking powder sambil disaring ya. Kita aduk hingga adonan tercampur rata dan kembali seperti semula.

13) Sekarang tuang adonan ke dalam cetakan cucing plastik hingga penuh supaya mekar merekah cantik. Cetakan cucingnya ini tidak perlu dioles minyak sayur dan tidak perlu dipanaskan ya.

14) Panaskan kukusan hingga mendidih dan beruap banyak. Kukus kue mangkok dengan api besar selama 15 menit. Sebelum 15 menit tutup panci kukusan tidak boleh dibuka-buka.

15) Setelah dikukus selama 15 menit. Kecilkan dulu api kompor. Kita buka tutup panci dan nah kue mangkoknya mekar semua ya moms.

16) Setelah uap panasnya hilang kita lepaskan kue mangkok dari cetakan cucing.

17) Kue mangkok gula merah mekar siap disajikan dengan kelapa parut.

Tekstur kue mangkok gula merah mekar ini empuk dan wangi aroma gula merah. Rasanya enak sama seperti yang dijual di tukang kue. Meskipun sudah dingin kue tetap lembut tidak keras. Begitu ya moms cara membuat kue mangkok gula merah. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat mommies 👌.

Happy baking and have a very nice day!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *