Resep Kue Ireng-Ireng Tanpa Abu Merang

Berbagi itu Indah!
Resep kue ireng ireng tanpa abu merang

Kue ireng-ireng atau kue lanun biasanya disajikan bersama dengan ketan, lupis, cenil, dan kemudian dikasih taburan kelapa parut. Biasanya, kue ini juga ditambah dengan sirup gula merah. Dulu sewaktu masih tinggal di Bekasi, kalau ke pasar aku sering beli jajanan kampung ini buat sarapan pagi. Rasanya enak dan mengenyangkan. Setelah pindah ke Sumatera, sudah jarang ketemu kue ireng-ireng ini, jadi kangen.

Nah, akhirnya aku coba bikin sendiri ya. Biasanya warna hitam jajanan pasar ini dibuat dari abu merang atau abu daun pisang. Kali ini, aku coba pakai nutrijell cincau supaya lebih praktis dan mudah. Yuk, langsung saja kita lihat resep dan cara membuatnya!

Cek juga yuk resep jajanan pasar berikut: Resep Klepon Bali Kenyal dan Resep Klepon Cupcake Cantik

Resep Kue Ireng-Ireng

Bahan:

  • 1/2 btr kelapa parut kasar
  • 1/2 sdt garam
  • 2 lembar daun pandan
  • 150 gr tepung tapioka
  • 100 gr terigu protein sedang
  • 4 sdm (60 gr) gula pasir
  • 1/2 sdt garam
  • 1 sachet nutrijell cincau (15 gr)
  • 500 ml santan

Cara Membuat Kue Ireng-Ireng

1) Siapkan daun pisang yang sudah dicuci bersih. Kemudian layur daun di atas api kompor atau direbus sebentar hingga layu. Setelah itu, potong daun ukuran lebar kurleb 25 cm.

2) Masukkan kelapa parut kasar, garam, dan daun pandan yang disobek-sobek ke dalam wadah mangkok tahan panas. Kemudian, aduk rata lalu kukus selama 15 menit.

3) Masukkan tepung tapioka, terigu, gula, garam, nutrijel cincau, dan santan ke dalam wadah mangkok. Aduk rata, kalau perlu disaring.

4) Masak sampai menggumpal. Angkat lalu diaduk rata.

5) Siapkan daun pisang. Oles daun dengan minyak sayur lalu masukkan adonan ireng-ireng/kue lanun. Gulung adonan seperti bentuk lontong, kemudian semat ujung-ujungnya dengan tusuk gigi. 1 adonan kue aku bagi menjadi 3 bagian.

6) Kukus kue ireng-ireng selama 20 menit. Setelah itu, angkat kue lalu tunggu sampai dingin dan set.

7) Potong kue dengan lebar kurleb 1 jari, kemudian balur kue dengan kelapa parut.

Cara membuat kue ireng ireng abu merang

8) Kue ireng-ireng atau kue lanun siap disajikan.

Rasa jajanan pasar ini lumayan enak, jadinya mirip ongol-ongol tapi ada aroma cincau. Kangennya lumayan terobati. Di lain waktu, aku pengen coba bikin yang pakai abu merang. Seperti itu ya cara membuat kue ireng-ireng ini. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Happy baking and have a very nice day!

Add a Comment

Your email address will not be published.