Resep Kerupuk Nasi Enak Mengembang dan Renyah

Berbagi itu Indah!
  • 6
    Shares
resep kerupuk nasi renyah dan mekar, resep kerupkuk nasi sisa

Kerupuk nasi ini enak dan renyah sekali. Ada berbagai macam jenis kerupuk diantaranya ada kerupuk tepung tapioka atau kalau di Palembang disebut kerupuk sagu, ada juga kerupuk sayur, kerupuk ikan dan salah satunya kerupuk nasi.

Nah mommies di artikel kali ini saya mau membuat kerupuk dari nasi sisa semalaman. Biasanya nasi sisa semalam besok paginya kita buat nasi goreng. Tetapi kali ini kita buat jadi kerupuk nasi. Rasanya enak dan gurih mekar dan renyah. Cara membuatnya mudah sekali dan irit bahan. Yuk, langsung aja kita lihat resep dan cara membuatnya!

Kerupuk ini cocok untuk dimakan bareng lontong ya! Cek yuk resep lontong berikut: Resep Lontong Daun Pisang Hemat Gas

Resep Kerupuk Nasi Renyah

  • 200 gr nasi sisa semalam
  • 250 gr tepung tapioka
  • Air panas secukupnya
  • 1 1/2 sdt kaldu ayam bubuk
  • 1 1/2 sdt garam
  • 5 siung bawang putih, haluskan
  • Pewarna merah cabe secukupnya

Cara Membuat

1) Cara membuat pertama rendam nasi dengan air panas. Kita rendam kurang lebih 1 jam.

2) Setelah direndam selama 1 jam. Tiriskan nasi.

3) Selanjutnya masukkan ke dalam chopper atau blender atau bisa juga disaring menggunakan saringan ya moms. Tambahkan bawang putih. Masukkan garam dan kaldu ayam bubuk. Blender sampai halus hingga menjadi seperti bubur bayi.

4) Kemudian kita pindahkan ke dalam mangkok kosong dan bersih. Lalu tambahkan dengan sebagian tepung tapioka. Ulen adonan hingga tercampur rata sepeti pempek.

5) Tuang sisa tepung. Ulen lagi hingga tercampur rata dan menjadi adonan yang bisa dipulung. Kita ulen hingga menjadi adonan yang bisa dipulung seperti pempek.

6) Saya bagi 2 adonan. Yang satu bagian ini diberi pewarna merah cabe secukupnya. Ulen hingga warnanya merata. Jadinya nanti seperti kerupuk merah.

7) Kemudian bagian yang berwarna putih ini bagi menjadi 2 bagian sama rata. Lalu bentuk seperti tabung atau seperti pempek lenjer.

8) Kita gulung adonan kerupuk nasi ini seperti pempek lenjer.

9) Untuk yang adonan merah kita bagi 2 juga. Kemudian ambil 1 bagian adonan lalu dipadatkan dulu baru dibentuk seperti pempek lenjer.

10) Rebus air hingga mendidih. Masukkan adonan kerupuk nasi ke dalam panci. Rebus dulu yang berwarna putih ya karena takut lengket dengan yang warna merah apabila langsung direbus semuanya. Rebus hingga mengapung dan mengembang lebih besar dari sebelumnya.

11) Setelah matang. Adonan kerupuk nasi ini akan mengapung dan mengembang lebih besar dari sebelumnya. Sekarang kita angkat dan tiriskan di serbet bersih dan kering.

12) Selanjutnya rebus yang berwarna merah. Rebus hingga matang dan mengembang lebih besar dari sebelumnya. Setelah matang angkat dan tiriskan.

13) Diamkan dulu hingga dingin suhu ruang.

14) Setelah dingin suhu ruang kita masukkan ke dalam box plastik kemudian simpan semalaman di kulkas supaya teksturnya menjadi lebih padat hingga bisa dipotong dengan rapi.

15) Simpan semalaman di kulkas

16) Nah setelah disimpan semalaman ya moms. Teksturnya jadi padat sehingga nanti bisa dipotong-potong tipis dan rapi

17) Kita potong tipis-tipis ya moms.

Resep kerupuk nasi mekar, resep kerupuk nasi kering

18) Setelah itu susun rapi di atas loyang.

19) Sekarang kita jemur dulu hingga kering ya mommies. Jemur 1-2 hari hingga kering.

20) Nah ini ya moms kerupuknya setelah dijemur selama 2 hari sudah kering dan siap digoreng. 1 resep ini berat kerupuk mentah kurang lebih 316 gr.

21) Panaskan minyak. Masukkan kerupuk dan goreng hingga matang. Nah moms kerupuknya mekar bagus sekali ya moms. Setelah matang kita angkat kerupuk dan tiriskan.

22) Kerupuk nasi sudah siap disajikan.

Resep kerupuk nasi mengembang, cara membuat kerupuk nasi sisa

Bentuk dan teksturnya bagus sekali ya moms. Mengembang dan mekar. Teksturnya renyah sekali tidak keras. Rasanya enak dan gurih. Selamat mencoba ya. Semoga bermanfaat.

Happy baking and have a very nice day!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *