Resep Es Merah Delima Enak dan Segar

Berbagi itu Indah!
resep es delima enak dan segar

Pernah denger gak moms es merah delima ini? Es merah delima ini aslinya berasal dari Thailand. Kalau di Thailand merah delima ini dibuat dari buah water chesnut. Di Indonesia kita tidak punya buah water chesnut kalau pun ada yang kemasan kaleng. Tapi jangan khawatir kita bisa pakai bengkoang sebagai pengganti buah water chesnut.

Nah, hasilnya tidak kalah garing dengan merah delima dari water chesnut. Rasanya enak dan segar sekali. Kuah santannya creamy, dimakan dengan merah delima yang garing krezz krezz enak dan segar sekali, Cocok banget buat buka puasa. Langsung saja kita lihat resep dan cara membuatnya ya!

Mau ide resep minuman lainnya? Cek yuk resep es doger berikut!

Resep Es Merah Delima

Bahan Es Delima:

  • 500 gr bengkoang (kupas, cuci lalu potong dadu)
  • 750 ml air
  • 1 sdm kapur sirih
  • Pewarna merah tua/merah cabai
  • 250 gr tepung tapioka

Bahan Jelly Pandan:

  • 1 sachet nutrijell plain (15 gr)
  • 5 sdm gula pasir
  • 700 ml air juice pandan suji (dari 8 lembar daun pandan dan 10 daun suji + 700 ml air jus, lalu saring)

Bahan Simple Sirup:

  • 200 gr gula pasir
  • 200 ml air
  • 2 lembar daun pandan

Bahan Santan:

  • 800 ml santan (dari 1 butir kelapa)
  • 3/4 sdt garam
  • 2 lembar daun pandan

Untuk ide jualan bisa dikemas dengan cup thinwall ukuran 300 ml.

Cara Membuat:

Merah Delima:

1) Siapkan bengkoang, kupas dan cuci bersih, lalu dipotong dadu kecil-kecil.

cara membuat es merah delima

2) Dalam wadah mangkok larutkan kapur sirih dengan air. Lalu, masukkan bengkoang kemudian direndam selama 30 menit.

3) Setelah itu, bengkoang dicuci hingga bersih. Tiriskan lalu tambahkan beberapa tetes pewarna makanan merah tua/merah cabe. Aduk hingga bengkoang berwarna merah.

mewarnai delima untuk es merah delima

4) Setelah itu, tabur dengan tepung tapioka sampai seluruh bengkoang terbalut dengan tepung tapioka.

membalut delima dengan tapioka

5) Masak air sampai mendidih lalu masukkan bengkoang yang sudah di balur dengan tepung. Rebus merah delima sampai mengapung dan transparan.

6) Siapkan dalam mangkok yang agak besar kemudian isi dengan es batu dan air matang. Masukkan merah delima yang baru diangkat ke dalam air es agar merah delima tidak lengket, menggumpal, dan lembek. Sisihkan dulu.

Jelly Pandan:

7) Masukkan jelly bubuk, gula, dan air juice pandan suji ke dalam panci. Masak sampai mendidih dan matang.

8) Angkat, kemudian tuang jelly pandan ke dalam box kontainer lalu diamkan hingga dingin dan set. Setelah itu masukkan ke kulkas.

9) Keluarkan jelly dari kulkas lalu parut jelly pandan dengan parutan yang lubangnya agak besar agar hasil parutannya nanti kasar dan panjang-panjang. Sisihkan.

Simple Sirup:

10) Masukkan ke dalam panci gula pasir, daun pandan dan air. Masak hingga mendidih dan gula larut. Angkat lalu sisihkan dulu.

Santan:

11) Masukkan santan, garam, dan daun pandan ke dalam panci. Masak dengan api kecil sampai mendidih dan matang sambil diaduk agar santan tidak pecah.

Penyajian:

12) Siapkan gelas, masukkan es batu secukupnya, tambahkan merah delima lalu masukkan parutan jelly pandan. Tambahkan simple sirup lalu masukkan santan. Terakhir, tambahkan potongan nangka. Nah, es merah delima siap disajikan. Enjoy!

Es merah delima ini perpaduan warnanya cantik sekali. Tidak hanya cantik tapi rasanya enak dan segar sekali. Merah delimanya ini masih garing meskipun sudah direbus sebentar ya. Rasanya cocok banget dengan jelly pandan yang wangi dan santan creamy. Must try ya. Selamat mencoba dan semoga bisa bermanfaat.

Happy cooking have a great day!

Add a Comment

Your email address will not be published.