Resep Dimsum Ayam Sederhana Bentuk Mawar Untuk Jualan

Berbagi itu Indah!
  • 16
    Shares
Resep dimsum ayam lembut untuk jualan

Dimsum ayam sederhana siapa sih yang gak suka ye kan hahaha 😄. Pasti pada suka makan dimsum ayam yang enak dan gurih apalagi dicocol dengan saus cabe merah wah sedap mantap setuju ya moms.

Nah di artikel kali ini aku mau membuat dimsum ayam sederhana bentuk mawar. Bentuk nya cantik banget ya mommies sampe nggak tega mau dimakan. Rasanya enak sekali, murah meriah dan berkualitas.

Cara membuatnya mudah sekali. Bisa banget untuk ide jualan dimsum frozen ya moms. Nah, yuk langsung saja kita lihat resep dan cara membuatnya di bawah ini!

Untuk membuat kulitnya bisa dicek resep berikut ya: Resep Kulit Dimsum Lentur Anti Gagal

Resep Dimsum Ayam Bentuk Mawar

Isian:

  • 150 gr daging ayam, giling halus
  • 1 bh tahu
  • 2 sdm tepung tapioka
  • 2 sdm tepung terigu protein sedang
  • 1 btr telur
  • 2 btg daun bawang, iris halus
  • 3 siung bawang putih, cincang halus.
  • 1 sdm minyak wijen
  • 1 sdm saus tiram
  • 1 1/2 sdt kaldu ayam bubuk
  • 1/2 sdt garam
  • 1/2 lada bubuk
  • 1 sdt gula pasir
  • Kulit dimsum secukupnya

Resep saus sambal merah:

  • 20 bh cabe merah
  • 2 siung bawang putih
  • 100 ml air
  • 1 1/2 sdm gula pasir
  • 1/2 sdt kaldu ayam bubuk
  • 1/4 sdt garam
  • Air jeruk nipis secukupnya

Cara Membuat

1) Cara membuat pertama kita haluskan dulu tahu. Selanjutnya kita masukkan ayam yang sudah digiling halus. Tambahkan telur dan bawang putih. Masukkan juga daun bawang. Lanjut masukkan kaldu ayam bubuk, garam, lada dan gula pasir. Tambahkan saus tiram dan minyak wijen. Masukkan tepung tapioka dan terigu.

2) Sekarang kita aduk bahan isi hingga tercampur rata.

3) Selanjutnya siapkan panci kukusan. Oles dasar kukusan dengan minyak sayur supaya kulit dimsum tidak lengket ya moms.

4) Siapkan 3 ukuran kulit dimsum. Disini saya buat dengan ukuran diameter 9 cm, 8 cm, dan 7 cm. Selanjutnya kita oles di bagian ini dengan air putih ini untuk merekatkan kulit dimsum.

kulit dimsum ayam lembut berbentuk mawar
Oles air putihnya di bagian yang ditunjuk ya.

5) Nah sekarang kita beri isian tapi jangan terlalu banyak ya moms karena nanti isiannya akan beleber keluar pada saat digulung. Selanjutnya pinggirannya ini kita oles dengan air untuk merekatkan.

isi dimsum ayam

6) Selanjutnya lipat ke atas seperti ini lalu satukan pinggirannya. Dirapi-rapikan dulu ya. Nah pinggiran nya disini kita oles lagi dengan air dan di sini juga ya oles dengan air untuk merekatkan kulit dimsum. Nah sekarang kita gulung.

membentuk dan menggulung dimsum ayam
Proses melipat dan menggulung dimsum ayam.

7) Pinggirannya ini agak di tekan ya moms supaya kulit dimsum merekat dengan kuat. Kemudian supaya mawarnya kelihatan merekah kita buka kulit dimsum. Nah kelihatan cakep kan moms. Nih dimsum mawarnya sudah jadi ya moms. Gimana mommies mudah kan cara membuatnya

cara membentuk dimsum ayam lembut bentuk mawar

8) Panaskan air kukusan. Kita kukus dimsum mawar selama 20 menit dengan api sedang.

9) Setelah dikukus selama 5 menit buka tutup panci kukusan kita semprot dengan air putih ya moms supaya kulit dimsum tetap lembut dan tidak kering. Kemudian lanjut mengukus hingga matang.

10) Nah setelah dikukus selama 20 menit. Wah cakep banget ya mommies. Kita angkat ya.

11) Pada saat masih panas kita oles dengan minyak sayur supaya kulit dimsum tidak kering dan tampilannya bagus.

12) Untuk ide jualan kali ini ya moms. Kita kemas dimsum mawar dalam box plastik kontainer ukuran 750 ml. Dimsum mawar ini bisa juga di frozen ya. Jadi apabila sedang kepengen dimsum tinggal keluarkan dari kulkas tunggu suhu ruang. Lalu dikukus sebentar hingga lembut lagi. Dimsum mawar ini juga bisa digoreng ya moms. Dalam box plastik kontainer ini bisa muat 6 dimsum mawar. Lalu kita tambahkan saus cabe merah. Dimsum ayam bentuk mawar siap dijual.

Nah sudah selesai ya moms dimsum mawar siap disajikan. Sekarang saatnya kita makan. Siram dengan saus cabe merah. Kelihatan mantap ya moms. Ehm enak banget moms. Ini cobain deh pasti byk yang suka. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Happy baking and have a very nice day!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *