Resep dan Tips Bakpao Lembut dan Tidak Keriput

Berbagi itu Indah!
  • 813
    Shares
Resep bakpao super empuk

Membuat bakpao yang bisa mengembang, lembut dan tidak keriput itu sebenarnya mudah asalkan kita tahu tekniknya. Bakpao termasuk cemilan atau roti kukus yang banyak digemari. Bakpao berasal dari negara Tiongkok. Pao artinya bungkus sedangkan bak berarti daging jadi bakpao adalah bungkusan yang berisi daging.

Membuat bakpao itu gampang-gampang susah. Masih banyak yang gagal membuat bakpao yang mulus dan tidak keriput. Seringkali bakpao ketika masih mentah setelah dibungkus mengembang dan bagus sekali akan tetapi setelah dikukus bakpao menjadi keriput dan tidak mulus.

Sebenarnya cara membuat bakpao yang mulus dan mengembang mudah sekali. Masih banyak yang belum tahu rahasia membuat bakpao mengembang dan cantik mulus tidak keriput.

Nah baca terus sampai ke bawah ya mom nanti saya bocorkan rahasia membuat bakpao mengembang dan cantik mulus. Penasaran kan pengen tahu resep dan rahasianya. Yuk, cekidot resep dan cara membuatnya di bawah ini!

Lihat juga bakpao versi lainnya! Resep Bakpao Pandan Super Empuk Anti Kerut

Resep Bakpao Lembut dan Tidak Keriput

  • 350 gr terigu protein rendah
  • 150 gr terigu protein sedang
  • 100 gr gula pasir (-+ 7 sdm)
  • 25 gr susu bubuk (1 sachet)
  • 1 sdt baking powder
  • 11 gr ragi instan (1 sachet)
  • 250 cc air dingin (dari kulkas)
  • 60 gr mentega putih
  • 1/4 sdt garam
Resep bakpao lembut dan mengembang

Cara Membuat

1) Pertama campur jadi satu tepung terigu protein rendah, terigu protein sedang, gula pasir, susu bubuk, ragi, baking powder dan air.

2) Mixer selama 22 menit. Mixer dulu dengan speed rendah setelah berat dan jadi adonan baru naikkan kecepatan mixer sampai yang paling tinggi. Boleh ulen dengan tangan ya mom.

3) Setelah menjadi adonan setengah kalis (setelah adonan tercampur rata) masukkan margarin putih dan garam. Mixer lagi hingga kalis elastis. Jadi total waktu mixer dari mencampur terigu hingga menjadi adonan kalis elastis selama 22 menit.

4) Setelah dimixer hingga kalis dan elastis kurang lebih selama 22 menit. Matikan mixer.

5) Sekarang kita cek ya apakah adonan sudah kalis dan elastis. Caranya ambil sejumput adonan kemudian tarik melebar hingga tipis dan transparan. Apabila adonan tidak mudah robek artinya adonan sudah kalis dan elastis.

6) Istirahatkan adonan selama 45 menit atau sampai mengembang 2x lipat. Tutup adonan dengan serbet bersih dan lembab.

7) Setelah diistirahatkan selama 45 menit adonan terlihat mengembang 2x lipat. Kempiskan adonan.

8) Kemudian timbang adonan seberat @50 gr. Bulatkan adonan. Susun rapi di loyang.

9) Selanjutnya istirahatkan lagi adonan selama 15 menit. Tutup adonan dengan serbet bersih dan lembab supaya permukaan bakpao tidak mengering.

10) Setelah 15 menit ambil 1 bulatan adonan kemudian pipihkan lalu isi dengan bahan isian (bisa diisi dengan unti kelapa, tumisan daging cincang, gula dan kacang tumbuk dll). Selanjutnya bungkus/tutup bakpao dengan rapat supaya tidak terbuka ketika adonan mengembang atau pada saat dikukus. Alas bakpao yang sudah dibungkus dengan baking paper. Istirahatkan bakpao selama 10-15 menit saja (tidak boleh over proofing ya mom). Tutup dengan serbet bersih dan lembab. Tidak perlu menunggu hingga semua bakpao selesai dibungkus ya mom. Jadi selesai membungkus yang pertama waktu sudah kita hitung. Apabila selesai membungkus selama 10-15 menit dapat 5 bakpao maka 5 bakpao ini dulu yang kita kukus ya mom.

11) Kukus bakpao selama 15 menit atau sampai matang. Selama pengukusan sebelum 15 menit jangan dibuka-buka dulu ya mom.

12) Setelah dikukus selama 15 menit. Angkat dan keluarkan bakpao dari panci kukusan.

13) Nah bakpao siap disajikan ya mom 👌.

Cek juga ya resep yang satu ini! Resep Bolu Kukus yang Lembut dan Pasti Mekar

Tips Agar Bakpao Tidak Keriput!

Tips dan triknya ya mom supaya bakpao tidak keriput:

1) bakpao tidak boleh over proofing (terlalu lama diistirahatkan biasanya setelah dibungkus rapi bakpao hanya diistirahatkan 10-15 menit saja karena apabila waktunya lebih dari itu sudah bisa dipastikan bakpao over proofing dan keriput karena bakpao sudah mengandung banyak angin/gas sehingga ketika dikukus bakpao menjadi keriput).

Tetapi waktu untuk mengistirahatkan bakpao yang sudah dibungkus rapi ini juga tergantung dengan cuaca pada saat itu ya dan kondisi suhu dapur kita. Kenapa? Karena apabila pada saat cuaca panas biasanya fermentasi/waktu proofing menjadi lebih cepat sedangkan sebaliknya pada saat cuaca sedang mendung atau hujan biasanya waktu proofing/proses fermentasi menjadi lebih lambat.

2) selanjutnya kita kukus dulu bakpao yang sudah rapi dibungkus ya mom tidak perlu menunggu semua bakpao selesai dibungkus. Jadi apabila ada 5-6 bakpao yang sudah selesai dibungkus dan waktu sudah 10 -15 menitan kita langsung saja kukus dulu ya. Sisa adonan yang sudah dibulatkan tadi ditutup dengan serbet lembab ya mom. Nah sisa adonan bisa dibungkus dan diisi lagi pada pada saat kita mengukus adonan yang pertama. Begitu seterusnya ya untuk mengakali supaya bakpao tidak over proofing.

Nah gimana mommies mudah sekali bukan membuat bakpao lembut, mengembang dan tidak keriput. Asalkan kita tahu tekniknya ya mom semuanya terasa mudah. Selamat mencoba, Good luck dan semoga bermanfaat 👌.

Happy baking and have a great day!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *