Resep Bika Ambon Ekonomis Enak, Bersarang, dan Lembut

Berbagi itu Indah!
  • 333
    Shares
Resep bika ambon lembut dan bersarang

Bika ambon ini sangat terkenal dan banyak sekali penggemarnya. Kue ini merupakan makanan khas dari Medan. Kue bika ambon ini selain enak teksturnya pun cantik bersarang dan berlubang-lubang seperti sarang semut. Rasanya enak dengan aroma khas dari kunyit, daun pandan, sereh dan daun jeruk. Tekstur kue lembut, lentur, dan kenyal. Enak sekali!👍

Nah, hari ini saya mau membuat bika ambon ekonomis, enak, lembut dan bersarang penuh tanpa mixer dan tanpa oven. Hasilnya bagus bika ambon bersarang penuh dari bawah sampai ke atas.

Kemarin pernah ada yang nanyain apakah resep bika ambon ini bisa dipanggang. Nah saya cobain ya hari ini saya mau membuat bika ambon dipanggang dalam panci. Yuk, langsung saja kita lihat resep dan cara membuatnya!

Di cek juga yuk resep bolu bersarang lainnya, Resep Bolu Sarang Semut Karamel!

Bahan Bika Ambon Lembut dan Bersarang

325 ml santan (dari 1/2 btr kelapa atau dari 1 sachet santan instan @65 ml + air)
100 gr gula pasir (7 sdm)
3 lembar daun pandan
2 btg sereh digeprek
7 lmbr daun jeruk
1/4 sdt garam
1 sdt kunyit bubuk
200 gr tepung tapioka (-+ 25 sdm gunakan sendok takar. Saya pakai tepung tapioka merek pak tani bogor Liaw Liong Pit)
25 gr tepung ketan (3 sdm gunakan sendok takar)
1 sdt ragi instan
3 btr telur utuh
100 gr gula pasir (7 sdm)
1/2 sdt vanili bubuk
50 gr margarin, dilelehkan (-+3 sdm peres)

Resep bika ambon teflon

Cara Membuat

1) Step pertama masukkan gula pasir ke dalam panci, tambahkan kunyit bubuk, garam, daun pandan, daun jeruk dan batang sereh. Terakhir masukkan santan.

2) Masak santan sampai mendidih dan gula larut.

3) Setelah santan mendidih dan gula larut matikan api kompor dan angkat santan.

4) Diamkan santan sampai uap panasnya hilang atau kita tunggu sampai hangat ya (tidak perlu dingin sampai suhu ruang ya). Sampai hangat ya mom buka panas ya. Hangat dan panas itu beda ya mom.

5) Kita saring dulu ya.

6) Sekarang campur jadi satu tepung tapioka, tepung ketan dan ragi. Masukkan santan hangat. Hangat ya mom bukan panas ya. Kita aduk hingga tercampur rata, licin dan tidak bergerindil.

7) Nah setelah diaduk hingga rata, licin dan tidak bergerindil masukkan sisa santan. Aduk lagi hingga tercampur rata dan menyatu.

8) Selanjutnya kita istirahatkan adonan selama 20 menit.Tutup atas nya dengan serbet bersih dan kering.

9) Nah adonan setelah diistirahatkan selama 20 menit ya mom. Adonan terlihat naik kita aduk. Kemudian kita sisihkan
dulu ya

10)Masukkan telur ke dalam mangkok kering dan bersih. Campur dengan gula pasir dan vanili bubuk. Kocok lepas hingga gula larut.

11)Selanjutnya tuang kocokan telur ke dalam adonan. Aduk adonan hingga tercampur rata dan menyatu.

12) Terakhir masukkan margarin cair. Lalu kita aduk lagi ya hingga adonan tercampur rata dan menyatu.

13) Selanjutnya istirahatkan adonan selama 1 jam. Tutup atasnya dengan serbet bersih dan kering.

14) Nah sekarang kita siapkan panci biasa yang buat masak ya mom Saya pakai panci ukuran diameter 20 cm. Kita semir seluruh bagian panci dengan minyak sayur/goreng. Boleh juga disemir dengan margarin dan taburi dengan terigu.

15) Nyalakan api kompor. Kita gunakan api kecil ya mom. Kemudian letakkan sarangan di atasnya. Apabila ada 2 tungku bisa ditumpuk ya mom pakai 2 tungku supaya jaraknya tidak terlalu dekat dengan api kompor. Kita panaskan dulu panci.

16) Nah setelah diistirahatkan selama 1 jam ya mom. Adonan terlihat mengembang naik dan banyak busanya. Kita aduk ya mom hingga busanya tercampur rata dengan adonan.

17) Setelah panci panas tuang adonan bika ambon. Kita panggang bika ambon hingga matang kurleb 50 menit.

18)Jangan ditutup ya mom pancinya Kita tunggu sampai gelembung- gelembungnya banyak.

19)Nah ini ya mom gelembungnya sudah terlihat banyak. Ini artinya kue bika ambon sedang membentuk sarang dan seratnya.Jadi pancinya jangan ditutup dulu. Hal ini bertujuan agar kue bersarang dan membentuk serat-seratnya dulu.

20)Nah setelah gelembungnya terlihat banyak dan dan apabila kita tusuk kue dengan tusuk sate apabila kue sudah 3/4 matang atau sudah 3/4 padat barulah kita tutup panci supaya kue cepat matang dan kering.

21)Nah setelah dipanggang kurang lebih 50 menit kita coba lihat apakah kue bika ambon sudah matang dan kering bagian atasnya. Nah sudah kering ya mom sudah tidak lengket di tangan. Sekarang kita angkat kue bika ambon.

Cara Membuat Bika Ambon Ekonomis yang Bersarang

22)Nah ini ya mom hasil akhirnya bagian atas terlihat berlubang-lubang itu artinya kue bersarang penuh sampai ke atas Kita tunggu sampai uap panasnya hilang.

23)Nah sekarang setelah uap panasnya hilang, sisir dulu pinggiran kue. Kita keluarkan kue dari panci. Bagian bawahnya terlihat agak kecoklatan ya mom belum sampai gosong hangus masih bisa dimakan ya mom.

24) Sekarang kita potong ya. Kelihatan ya mom lembut banget wangi dan lentur sekali ya mom. Nah ini ya mom hasil akhirnya cantik sekali bersarang dari bawah hingga ke atas dan berserat banyak.

Resep bika ambon ekonomis, resep bika ambon panci

Nih ya mom serat bika ambonnya bagus sekali dari bawah hingga ke atas dan banyak. Teksturnya lembut, kenyal dan lentur berhari-hari. Resep ini recommended ya mom buat yang mau jualan bika ambon.

Mudah sekali ya moms cara membuat kue bika ambon enak, lembut, kenyal dan bersarang penuh. Selamat mencoba dan Semoga bermanfaat! 👌

Happy Baking and Have a Great Day 😘.

2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *