Resep Banh Tieu: Roti Bantal Kopong dari Vietnam

Berbagi itu Indah!
  • 12
    Shares
Resep bahn tieu donat kopong lembut renyah

Banh tieu atau roti bantal atau donat wijen kopong ini enak dan lembut banget cocok sekali disuguhkan di berbagai suasana dan acara. Di artikel kali ini saya mau berbagi resep banh tieu atau donat wijen kopong atau kalau di Vietnam dikenal dengan nama banh tieu. Rasanya enak, lembut dan wangi wijen.

Cara membuatnya mudah dan irit bahan. Banh tieu atau donat wijen kopong ini enak untuk teman ngopi dan ngeteh. Nah yuk langsung saja kita lihat resep dan cara membuatnya!

Lihat juga: Resep dan Cara Membuat Cloud Bread Yang Lagi Viral

Resep Banh Tieu Roti Bantal Vietnam

  • 250 gr terigu protein tinggi
  • 70 gr gula pasir
  • 1 sachet susu bubuk
  • 1 sdt ragi instan
  • 1 sdt baking powder
  • 170 ml air hangat
  • 1 sdm minyak goreng
  • 1/4 sdt garam
  • Wijen secukupnya (untuk bahan baluran)
Resep bahn tieu roti kopong vietnam

Cara Membuat Bahn Tieu

1) Campur terigu dengan gula pasir. Masukkan susu bubuk. Tambahkan ragi dan baking powder. Nah kita aduk rata dulu bahan kering. Kemudian tambahkan air hangat. Aduk hingga setengah kalis.

2) Setelah adonan tercampur rata dan setengah kalis seperti ini baru kita masukkan minyak sayur atau minyak goreng dan garam. Kemudian ulen adonan hingga tercampur rata dan kalis. Tidak perlu sampai kalis elastis ya moms

3) Nah cukup diulen hingga tercampur rata dan kalis. Sekarang kita istirahatkan adonan selama 3 jam dan tutup atasnya dengan serbet lembab atau dengan plastik.

4) Setelah adonan diistirahatkan selama 3 jam ya mommies. Kita kempiskan adonan. Nih ya moms saya mau tunjukkan tekstur adonan bagus sekali. Nih lihat seratnya bagus banget setelah adonan diistirahatkan selama 3 jam.

5) Selanjutnya bagi adonan menjadi 12 bagian sama rata kalau kita timbang masing-masing beratnya kurleb @40 gr

6) Siapkan loyang tabur dengan terigu supaya roti tidak lengket di loyang. Kemudian kita ambil 1 adonan lalu bulatkan adonan kemudian susun rapi di loyang.

7) Setelah semua adonan selesai dibulatkan istirahatkan adonan selama 30 menit.Tutup atasnya dengan serbet lembab atau dengan plastik.

8) Siapkan 100 gr wijen (untuk dibalur ke adonan).

9) Adonan setelah diistirahatkan selama 30 menit. Ambil 1 adonan kemudian kita balurkan ke wijen sambil ditekan-tekan supaya wijen merekat di adonan

11) Selanjutnya kita gilas adonan hingga ketebalan 0,5 cm.

12) Panaskan minyak masukkan adonan donat wijen kopong. Goreng sambil disiram-siram dengan api sedang cenderung besar hingga donat wijen kopong menggelembung. Setelah donat menggelembung kecilkan api. Goreng bolak balik setiap 5 detik hingga donat kopong berwarna golden brown.

13) Setelah donat wijen kopong berwarna golden brown dan matang kita angkat ya

14) Donat wijen kopong atau banh tieu siap disajikan dengan segelas kopi hangat atau teh manis hangat.

Nah sekarang kita cobain ya moms. Tekstur banh tieu ini lembut dan kopong tapi seratnya bagus sekali. Rasanya enak dan manis cocok sekali untuk teman ngopi atau ngeteh. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat 👌.

Happy baking and have a great day!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *