Resep Bakpao Pandan Super Empuk Anti Kerut

Berbagi itu Indah!
  • 23
    Shares
Resep bakpao pandan sederhana

Bakpao pandan super empuk ini anti kerut, enak, dan wangi. Banyak yang tidak tahu teknik membuat bakpao sehingga bakpao yang dihasilkan sering keriput dan berkerut. Padahal cara membuat bakpao pandan enak ini mudah sekali asalkan kita tahu rahasianya, tips, dan triknya.

Nah, di artikel kali ini saya mau membuat bakpao pandan santan yang enak, super empuk anti kerut dan wangi pandan. Kali ini saya mau membuat variasi bakpao supaya tidak bosan dengan bakpao yang versi klasik ya mommies. Nah, kali ini saya akan membuat bakpao santan pandan.

Rasanya tentu saja enak, legit, dan wangi pandan. Tekstur bakpao lembut dan empuk sekali. Seratnya pun bagus banget. Penasaran kan mom, yuk kita lihat resep dan cara membuatnya di bawah ini!

Lihat juga: Resep Butter Cake Pandan Enak, Empuk, dan Moist

Resep Bakpao Pandan Super Empuk

  • 200 gr terigu protein rendah (25 sdm peres)
  • 100 gr terigu protein sedang (12,5 sdm peres/rata)
  • 50 gr gula pasir (-+ 4 sdm)
  • 1/2 sachet ragi instan (6gr)
  • 1 sdt baking powder
  • 1 sachet susu bubuk (25 gr)
  • 175 ml santan kental (1 sachet santan instan +air)
  • Pasta pandan secukupnya
  • 30 gr margarin (1 sdm munjung)
  • 1/4 sdt garam
  • 10 lmbr daun pandan
  • 15 lmbr daun suji
Resep dan cara membuat bakpao pandan sederhana

Cara Membuat Bakpao Pandan

1) Pertama kita siapkan 10 lmbr daun pandan dan 15 lmbr daun suji. Kalau tidak mau repot bisa diganti dengan pasta pandan ya mom. Tapi kalau pakai pandan dan daun suji wanginya lebih tahan lama. Masukkan daun pandan dan suji ke blender tambahkan santan kemudian blender hingga halus. Lalu disaring dulu.

2) Kemudian masak santan pandan supaya bakpao tidak cepat basi. Masak hingga mendidih sambil terus diaduk.

3) Selanjutnya ukur santan pandan ini sebanyak 175 ml.

4) Selanjutnya campur jadi satu terigu protein rendah, terigu protein sedang, gula pasir, susu bubuk, baking powder dan ragi instan. Aduk dulu bahan kering hingga rata. Selanjutnya masukkan santan pandan yang masih hangat. Kita aduk hingga menjadi adonan dan tercampur rata.

5) Nah setelah adonan tercampur rata dan setengah kalis seperti ini barulah kita masukkan margarin dan garam

6) Selanjutnya ulen adonan hingga kalis dan elastis. Boleh diaduk menggunakan mixer ya moms seperti biasa aduk dengan mixer kurleb 15 menit hingga kalis dan elastis.

7) Kita ulen adonan hingga kalis dan elastis. Istirahatkan adonan selama 45 menit atau hingga adonan mengembang 2x lipat. Tutup dengan mangkok atau serbet bersih dan lembab atau dengan plastik supaya permukaannya tidak kering ya mom.

8) Adonan setelah diistirahatkan selama 45 menit atau hingga terlihat mengembang 2x lipat. Kempiskan adonan.

9) Kita bagi adonan menjadi 11 potong atau kalau ditimbang masing-masing beratnya kurleb @50 gr/pcs

10) Selanjutnya bulatkan adonan supaya permukaannya licin dan halus.

11) Istirahatkan dulu adonan selama 15 menit supaya adonan lebih relax dan tidak membal ketika digilas. Tutup dengan serbet bersih dan lembab.

12) Nah setelah didiamkan selama 15 menit adonan siap diisi dan dibentuk.

13) Pipihkan adonan bakpau kemudian kita isi dengan coklat blok lalu bentuk bulat atau dibentuk kembang atau daun. Caranya bisa lihat di video ya moms.

14) Pipihkan adonan bakpau isi dengan unti kelapa. Lalu bentuk bunga seperti di video.

Cara membuat bakpao pandan isi coklat lumer
Bakpao pandan setelah dibentuk dan dialaskan kertas

15) Susun rapi di atas panci kukusan. Saya bungkus 6 pcs dulu ya mom spy tidak over proofing. Tips dan triknya kali ini supaya bakpao tidak keriput dan berkerut adalah bakpao tidak boleh sampai over proofing ya mom. Tutup dengan serbet bersih dan lembab istirahatkan bakpao kurleb 12-15 menitan ya.

16) Panaskan dulu panci kukusan hingga mendidih. Kukus bakpau selama 15 menit dengan api sedang cenderung kecil. Bungkus tutup panci dengan serbet bersih dan kering.

17) Nah setelah dikukus selama 15 menit ya mommies. Senang sekali bakpao nya mulus semua tidak ada yang keriput ya moms.

18) Angkat bakpao dan siap disajikan.

Note:
Triknya ya mom sisa bakpau baru saya bungkus setelah bakpau yang pertama dimasukkan ke panci kukusan. Hal ini dilakukan supaya tidak terjadi over proofing yang bisa menyebabkan bakpao menjadi keriput dan berkerut.

Kita lihat teksturnya ya mom. Nih mom teksturnya empuk dan lembut sekali. Seratnya bagus banget dan ada aroma wangi pandannya. Enak sekali mom. Must try ya mommies. Selamat mencoba. Semoga artikel ini bisa bermanfaat ya mommies.

Happy baking and have a very nice day!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *